4.24.2015

Tips menyetrika agar pakaian tidak berkilap

Sering liat baju atau celana panjang yang pada bagian tepinya berkilap nggak? Itu lho, garis pudar keputihan cenderung berkilap pada permukaan kain. Sebenarnya hal ini bisa dihindari jika saja kita tahu cara merawatnya, dalam hal ini cara menyetrikanya. Karena biasanya baju bagus yang baru kita ambil di penjahit atau kita beli di toko langsung hancur di bawah perawatan tangan kita.

Untuk menghindari hal ini, perhatikan saat menyetrika.
  • Atur pakaian/celana di atas meja setrika dengan rapi. Hindari ganjalan-ganjalan yang mungkin ada di bawah pakaian/celana yang akan di setrika. 
  • Perhatikan juga bagian saku/kantong celana, aturlah dengan rapi. 
  • Letakkan sehelai kain tipis, usahakan kain tersebut berwarna netral, di atas baju/celana yang akan kita setrika, semprot dengan air biasa lalu mulailah menyetrika di atas kain yang berfungsi sebagai pelapis itu. Kain tipis ini akan mencegah baju/pakaian kita menjadi berkilap. Adapun air semprotan ini berguna melembabkan kain sekaligus baju kita sehingga mudah menjadi licin. Tidak perlu di beri cairan pewangi setrika karena wanginya malah akan menempel di kain tipis.
  • Atau cara lebih mudahnya, menyetrikalah dari bagian dalam pakaian. Untuk bagian kerah dan lengan tetap gunakan cara di atas. 
  • Untuk simpelnya, hindari pakaian/celana terkena langsung dengan setrika. 
Mudahkan? Perlu diingat juga, ini adalah tips dan trik menyetrika pakaian dengan kain berbahan sintetis. Jadi bila pakaian yang kita setrika berbahan katun, kita tidak perlu seribet ini kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar