8.23.2009

Pare dan Melonku Mulai Berbunga

Senang rasanya pohon pare dan pohon melon yang kutanam sebulan yang lalu (atau lebih, lupa-lupa ingat) mulai berbunga. Bunga pohon pare yang mengembang ada 4 bunga, dan masih ada banyak bakal bunga. Yah kalau bisa jadi buah semua kan lumayan bisa di panen, dioseng dan dinikmat serta kalo ada lebihan sedikit bisa dibagikan tetangga (suami gak doyan pare, alasan klasik, pahit!). Sementara melonku ini melon emas, jadi aku sangat berharap dan mewanti-wanti anakku untuk tidak memetiknya bunganya.

Pertama kali mengembang bunga pareku lalu layu dan gugur, yang kedua juga bernasib sama yang ketiga dipetik anakku, Sekar. Baru yang keempat ini yang bisa diambil gambarnya. Deg-degan bisa selamat sampe berbuah nggak ya? soalnya pohonnya sendiri masih kecil, dan ditanam di pot jadi sepertinya kurang meyakinkan. Apakah pohon pareku mendapat kecukupan gizi? Selain itu potnya juga kuanggap terlalu kecil. Tapi karena lagi bokek, terpaksalah mereka kubetah-betahkan denganpot-pot mereka.

Pohon melonku juga bernasib sama, mereka berbunga sekitar 2-3 bunga sudah mengembang. Alhamdulillah bunganya nggak rontok tapi setelah mekar indah sorenya layu dan tidak gugur.
Kedua pohon ini bunganya berwarna kuning, dan besarnya hampir sama.

Setiap hari kusiram dengan air cucian beras, kadang dengan mol yang diencerkan sangat encer.


Cepat berbuah ya ... nak, buat iri para tetangga :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar