3.13.2009

Mencoba Lagi Bikin Kompos dari Sampah Dapur

Aku pernah mencoba bikin kompos dari sampah dapur. Aku kepikiran kayak gitu karena ngerasa gak enak aja sama yang biasa angkutin sampah. Sampah dapur itu kan barang bau, kotor, belum lagi kalo udah membusuk huek ampyun dah jijay!

Setelah cari suplemen semangat dengan cari-cari resep panduan bikin kompos limbah dapur yang gampang di blognya Pak Sobirin di www.clearwaste.blogspot.com dan di www.myblog-christine-christine.blogspot.com (namanya kurang panjang mbak) :). Aku mulai lagi mengolah sampahku. Pertama-tama aku beli keranjang sampah plastik biasa. Aku isi tanah humus siap beli sampai setebal 5 cm. Lalu kumasukkan bahan bakal komposku yaitu potongan sayur bayam yang tidak kepake, kulit bawang merah dan putih n sayur n nasi sisa makan yang telah kucuci dari minyaknya. Sebelumnya batang bayam kupotong kecil-kecil (karena masih pemula jadi motongnya masih rajin ; ) sekitar 0,5 cm dengan harapan nantinya gampang terurai jadi kompos). Lalu kututup lagi dengan tanah humus siap beli tadi gak semuanya. Sisanya lagi mau buat nanam bayam di botol air mineral yang gede (gak mau nyebutin merk, ntar dikira promosi) ;).

dibolongin tikus

iseng kutaruh kucai di salah satu lubangnya.
Setelah ditutup tanah humus aku siram pake mol yang entah masih efektif apa enggak bakterinya. Aku udah minta pendapatnya sang Suhu Kompos Mr. Sobirin nu aya ti Bandung (salam pak :D). KAtanya dicobakan aja sambil bikin lagi. Ya udah aku terusin aja percobaanku. Keranjangku ku taruh di teras depan rumah.

TApi baru semalam tu keranjang komposku beraksi, paginya udah digerogoti tikus :c
Udah gitu didatangi semut lagi. Ugh :#
Daripada ganti keranjang yang pasti ngeluarin uang lagi, akhirnya lubangnya kututup pake dus makanan. Sambil tiap harinya rajin kuaduk-aduk sampe ke dasar. Untungnya yang punya rumah lagi pergi ke Jakarta jadi gak sungkan. :$ Aku kan ngontrak trus yang punya rumah itu rumahnya di sebelah teras rumah yang kukontrak, jadi menempel dalam letter L.

KAdang kalo pas ada semilir angin, bau dari keranjang komposku suka menguar menebarkan bau yang untungnya samar-samar. Dan sekarang keranjangnya sudah hampir penuh. Mungkin seminggu lagi baru penuh. Sesekali aku siram pake mol yang entah masih efektif apa gak itu. Tapi tadi sempat aku aku kasih lagi sama mol yang baru

jangan huek yaa! :)

Tikusnya kadang masih suka jail tapi gak apa-apa, peace man :)Jadi sampah yang kubuang tiap harinya berkurang banyak. Sampah plastik yang gak bisa kepake atau sudah sobek tok. Tas kresek, plastik bening yang masih bagus aku kasihkan ke tukang sayur, dus bekas kemasan atau dus makanan dari pengajian
dan botol2 plastik aku kasihkan ke pemulung. Hitung-hitung sambil bersedekah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar