3.19.2009

percobaan membuat kompos lainnya

Setiap minggu pagi, aku dan suamiku mempunyai bisnis sampingan sebagai pengisi waktu. Maklum karena bukan pegawai manapun kami leluasa mengatur jam kerja kami sesukanya :) (enaknya gak jadi pegawai euy). Nah di minggu pagi ini saat orang lain sibuk jalan-jalan pagi kami berjualan bubur kacang ijo sama kembang tahu. Banyak orang magelang yang gak tau apa itu kembang tahu. Dikiranya kembang tahu itu, tahu yang dibikin kayak kembang atau yang biasa dibikin sop itu. Mmmm cerita lengkapnya nanti aku kasih tau.

Nah, selama proses memasak itu kan menghasilkan buangan berupa ampas kelapa dan keledai eh kedelai. Setiap waktu itulah aku sering ribut sama suami karena suamiku menyuruhku membuangnya di kali yang kebetulan dibuat terbagi dalam selokan2 kecil yang melintasi rumah2 warga. Aku gak mau dengan dalih itu mencemari air, mendangkalkan sungai n bla bla bla. Suamiku berdalih buat makan ikan-ikan kecil yang ada di sungai. Aku buang ke tong sampah gak tega sama pak sampahnya. :o

Akhirnya setelah lama dipikir-pikir :t Aku nemu keranjang bambu yang masih bagus dibuang di makam dekat rumah. Kuambil pagi-pagi pas orang lain lagi sholat Subuh (lagi em waktu itu). Kuisi tanah yang kuambil dari potku yang tanamannya sudah sangat merana. Lalu kuisikan ampas kelapa dan ampas kedelai di keranjang bambu dan kusiram air setelah kututup lagi dengan tanah yang tersisa. Entah jadi apa enggak yang penting mencoba dulu.

Tak hanya itu sesekali aku juga menaruh potongan sayuran disitu. Bahkan aku mengambil kulit dan isi mentimun yang dibuang tetanggaku (untuk buat acar, tetanggaku itu jualan bakso) di tempat sampah. Setiap minggu atau pas aku menginap di situ (daerah Kauman Kota Magelang) aku membuang sampah organikku disitu. Sesekali aku siram pake mol yang kubawa dari rumah. Aku juga selalu mengaduk-aduknya terutama setelah menambah jumlah anggota yang mau dikomposkan.

Aku jadi deg-degan, mudah-mudahan jadi. Kalo gak bisa jadi omongan orang sekampung. Hiiiy. Habisnya keranjangnya kan kutaruh di pinggir jalan. Gak punya halaman, teras samping rumah langsung berhadapa dengan jalan setapak. jadi setiap ada orang lewat mestilah liat keranjangku ini. TApi kok bau dan waktu kuaduk lembek banget... kayak gitu deh..! :(





Tidak ada komentar:

Posting Komentar